Badan Lemas, Kurang Gairah


"Badan kuat belum tentu sehat, badan sehat insya Allah pasti kuat", istilah ini mungkin mengawali pembahasan, sebelum lebih jauh penulis paparkan perihal judul di atas.

Sobat yang budiman,

Mungkin kita sama-sama pernah bersikap naif saat mencoba mengerti dari pentingnya kesehatan bagi kita. Bahwa sehat bisa dibentuk, dimulai dari aktifitas-aktifitas kecil yang membuat kita merasa gembira, senang, bahkan bahagia. Anggapan kita ini sudah termasuk dari kriteria orang sehat, jauh dari derita. Tapi, semua perasaan positif tersebut bersumber dari jiwa sehat kita, bukan reaksi fisik kita yang memberi impulse.

Saya langsung saja persempit saja ke judul (kepanjangan intermezzo-nya). Jika sobat-sobit sering merasa lemas, malas, kurang gairah, mengntuk dsb. Itu bisa dikarenakan sobat-sobit mendapat gejala kurang darah (anemia). Faktor yang menyebabkan anemia adalah kurang istirahat (normal 8 jam sehari), kurangnya asupan makanan yang bergizi, terlalu capek. Implikasi dari gejala anemia ini adalah wajah pucat, kurang bersemangat, jantung berdebar-debar (tanpa sebab), kadang kala telinga berdengung.

Siapapun dapat terserang penyakit kurang darah (anemia), khususnya kaum hawa. Karena banyak dari perempuan yang tidak memperhatikan pola makan teratur (makan 3 kali sehari), atau makan sekenanya tanpa mempertimbangkan nilai gizi yang terkandung pada makanan, ini terjadi disebabkan rasa khawatir ke-gemukan (obesitas). Ini berakibat lagi kadar butir darah merah yang rendah (untuk wanita < 11 g/100ml dan pria < 13 g/100ml), belum lagi normalnya wanita mesti mengeluarkan darah (haid) tiap bulannya. Padahal yang normal kadar butir darah merah pada wanita 11,5 - 16 g/100 ml (pria 13,5 - 18 g/100 ml).

Sobat-sobit yang baik,

Demi terhindarnya dari gejala anemia tidak cukup hanya minum obat penambah darah saja, tapi selain itu, perlu asupan makanan yang seimbang untuk mencukupi kadar zat besi seperti daging sapi dan ayam, hati, telur, kacang-kacangan, kentang, ikan, sayuran berdaun hijau dan buah-buahan yang kaya vitamin C. Hal ini diimbangi gaya hidup sehat dan olahraga secara teratur.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadilah orang bijak, untuk tidak spamming dalam komentar.

Copyright © Beranda Kita - Blogger Theme by BloggerThemes